Keadaan umum
Luas wisata Palutungan adalah 9.3ha terletak di RPH Cigugur BKPH Linggarjati, KPH Kuningan. Secara administrasi pemerintahan terletak di Kecamatan kuningan, Kabupaten Kuningan.

Wana wisata ini terletak pada ketinggian 1.100-1150m dpl, konfigurasi lapangan umumnya berbukit. Kawasan ini mempunyai curah hujan 3.000mm/tahun dengan suhu udara 24-27C

Potensi kawasan
Wana wisata Palutungan ini terdiri dari 9 ha hutan tanaman (pinus merkusi), sumber air yang ada berupa mata air gejala alam/ potensi visual lansekap didalam kawasan yang mempunyai karakteristik khas adalah hutan tanaman.

Potensi Wisata
Wana wisata ini digunakan untuk wisata harian dan wisata berkemah. Kegiatan wisata harian yang dapat dilakukan adalah piknik dan olahraga volley ball.

Fasilitas
Jenis fasilitas yang ada adalah loket karcis, papan petunjuk, pusat informasi, instalasi air, shelter, tempat parkir, tempat duduk, MCK, lapangan uparan, lapangan volley, umumnya fasilitas tersebut dalam keadaan kurang terawat.

Aksesbilitas
Wana wisata ini dapat dicapai dari Kecamatan Cigugur (8km) Kabupaten Kuningan (11 km). Kondisi jalan umumnya baik (beraspal), dapat dilalui kendaraan roda empat.

0 komentar